Selasa, 10 Juni 2014

Elektronika Bandara


Elektronika bandara adalah seperangkat alat seperangkat alat elektronik yang dimana penggunaannya lebih mengara kepada komunikasi data yang dapat berupa suara, gambar, video, & lain-lain
  
Informasi Bandara
Informai bandara adalah sistem yang mengatur tentang semua informasi menyangkut pengoprasian bandara, seperti pemberian informasi kepada penumpang. Contohnya : departure, arrived, delay, dan sebagainya. Cara penyampaiannya menggunakan sistem text to voice. Tujuannya adalah memudahkan operator dalam penyampaian informasi.

PABX (Public Anch X-public address branch X-change)
Yang dimaksud dengan peralatan Public Address Branch Extension (PABX) adalah perangkat peralatan telepon yang terdiri dari Central unit atau Main Unit, Pesawat cabang, Kabel-kabel penghubung dan Terminal Box. Central unit adalah perangkat peralatan utama pengontrol semua sistem operasi PABX yang berfungsi untuk menghubungkan antar pesawat cabang dan dengan telephone line PT. TELKOM serta mengatur, membatasi dan memantau pemakaian masing-masing pesawat cabang dengan telephone line. Pesawat cabang adalah pesawat telepon yang dapat berhubungan antara satu pesawat dengan pesawat-pesawat lain maupun berhubungan melalui telephone line dalam satu jaringan Central Unit.

FIS (Flight Information System)
Merupakan integrasi produk teknologi informasi system sebagai perangkat software dan perangkat hardware yang dapat menyajikan informasi tentang aktivitas angkutan udara, seperti pemberitahuan jadwal keberangkatan, kedatangan pesawat, keterlambatan dan pembatalan penerbangan dan lain-lain.

Jaringan / Internet
Jaringan yang digunakan yang di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate adalah LAN (Local Area Network). Media transmisinya menggunakan kabel untuk jarak yang dekat, sedangkan untuk jarak yang agak jauh sudah menggunakan Wi-Fi untuk mempermudah pegawai bandara.

1 komentar: