Selasa, 10 Juni 2014

Komunikasi

Data penerbangan yang dikomunikasi tersebut biasanya mencakup data tentang kondisi cuaca di sekitar bandara dan di sepanjang rute penerbangan, data perencanaan penerbangan dan data pengawasan lalulintas udara (traffic control). Semua data tersebut dikomunikasikan melalui fasilitas V-sat. Di setiap bandara biasanya dipasang alat penerima dan pengirim (transmitter) sedangkan di pesawat terbang di pasar alat penerima data elektronis untuk menerima berbagai informasi sesuai dengan permohonan pilot pesawat.


Ground to ground
Ground to ground adalah komunikasi antar stasiun yang satu dengan stasiun yang lainnya guna memberikan informasi tentang penerbangan. Contohnya komunikasi antara stasiun yang ada di ternate dengan stasiun yang ada di manado.
Yang digunakan untuk memberikan informasi adalah IAIS. Semua peralatan tergabung dalam seperangkat AMCS.
Automatic Message Switching Centre (AMSC) merupakan alat pengendali komunikasi data / telex yang terintegrasi dan sesuai untuk pelayanan jasa penerbangan. Karena AMSC digunakan di dunia penerbangan maka AMSC harus menggunakan standart format penerbangan yang diatur dalam annex 10 volume II untuk jaringan AFTN (Aeronautical Fixed Telecomunication Network). AFTN sendiri adalah suatu sistem jaringan komunikasi data yang digunakan oleh dunia penerbangan untuk menerbitkan atau mencetak strip data penerbangan, jadwal penerbangan keadaan berita cuaca dan berita lain yang berhubungan dengan pelayanan lalu lintas udara.
Output data AMSC masih berupa kode-kode penerbangan berupa angka, kemudian di lanjutkan ke IAIS agar mudah dibaca.
Pada server AMSC menggunakan OS Linux Redhat, alasan menggunakan Linux Redhat, karena faktor keamanan.


Air to Ground
Air to ground adalah komunikasi antar stasiun dengan pesawat terbang. Contohnya pesawat yang akan mendarat di sebuah bandara harus terlebih dahulu memberikan informasi ke stasiun bandara tersebut. Komunikasi pada waktu lampau hanya dapat dilakukan dengan berbicara (radio communication) melalui saluran frekuensi tertentu, maka pada pesawat canggih dapat melakukan pengiriman pesan lewat tulisan (texting)  lewat sistem ACARS. Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS) berfungsi mengirimkan data penerbangan ke petugas airlines dan data mesin ke manufaktur pesawat secara real time. Terdiri dari pesan singkat, pantauan pesawat sejak lepas landas, di ketinggian, posisi pesawat hingga mendarat di tujuan. Sedangkan pesawat mengirimkan informasi ke stasiun bumi melalui radio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar